06.45

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)


Berbicara tentang sumber daya manusia tentu tidak lepas dari manusia-nya itu sendiri beserta dengan atribut-atribut uniknya mulai dari aspek fisik hingga aspek psikologis. Satu hal yang paling menonjol dari manusia adalah makhluk yang komunal, dimana setiap individu selalu membutuhkan individu yang lain untuk saling berinteraksi.
Nah, secara garis besar sangat penting sekali mempelajari segala sesuatu tentang manusia dengan tujuannya masing-masing baik untuk meningkatkan efektifitas organisasi di sektor pemeritahan, swasta maupun perusahaan. Berbagai disiplin ilmu telah menyumbang penelitian tentang manusia mulai dari psikologi, sosiologi, antropologi dan lain sebagainya. Di lingkungan akademik, penelitian-penelitian semacam itu sangat diperlukan sekali guna mengembangkan kompetensi peserta didik
Maka sedikit banyak pemakalah akan mencoba untuk membahas yang menjadi dasar pelaksanaan proses manajemen SDM yang efisien dan efektif, yaitu tentang fungsi operasional Manajemen SDM.
MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja secara efisien dan efektif sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan,karyawan dan masyarakat.
Dalam suatu perusahaan manusia merupakan sumber daya yang penting untuk mencapai keberhasialan dalam menjalankan semua aktifitas perusahaan. Walaupun ditunjang dengan aspek teknologi yang sempurna, tetapi apabila tanpa aspek manusia sulit kiranya perusahhan mencapai tujuannya dengan baik. Pentingnya sumber daya manusia juga terlihat dari aktifitas perusahaan dalam mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang baik seperti uang, bahan baku, methode, dan sebagainya baru terlaksana jika ada unsur manusia yang mampu mengelola atau menggunakannya secara maksimal.
Karena peranan manusia sebagai sumber daya dalam organisasi semakin diyakini kepentingannnya, maka semakin mendorong perkembangan ilmu tentang bagai mana mendayakan sumber daya manusia tersebut agar tercapai kondisi yang opootimal. Berbagai penegakan managemen dilakukan dalam mengelola sumber daya manusia tersebut yang berkembang megikuti perkembangan dari falsafah manajemen yang sedang dikembangkan pada masa itu.

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut bambang wahyudi
“ Ilmu dan seni atau proses memperoleh, memajukan dan mengembangkan, dan memelihara sumberdaya manusia yang kompeten sedemikian rupa, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien dan ada kepuasan pada diri pribadi – pribadi bersangkutan.”
Definisi lain menurut Edwin B. Flipo dalam buku Bambang Wahyudi Manajemen Sumber Daya Manusia
“Personnel management is the planning, oeganizing, directing, and controlling of the procurement, development, competition, integration, maintenance, and separation of human resources to the and that individual, organizational, and sicietal objectives are accomplished”
Artinya :
“ manajemen sumberdaya manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari pada pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia ke suatu titik akhir dimana tujuan-tujuan perorangan,organisasi dan masyarakat”
Selanjutnya menurut Melayu S.P. Hasibuan
“manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat”

Untuk memperoleh pengetahuan yang jelas dibidang Sumber Daya Manusia, pemakalah akan memaparkan mengenai tugas dan fungsi-fungsi manajemen berdasarkan pendapat Malayu S.P Hasibuan, yaitu sebagai berikut :
1.      Tugas dan fungsi manajerial, terdiri dari:
  1. Fungsi Perencanaan (Planning)
Melaksanakan tugas dalam merencanakan kebutuhan, pengadaan, pengembagan, dan pemeliharaan dalam Sumber Daya Manusia.
  1. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganiasian adalah kegiatan untuk mengorganisasi semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi, dan koordinasi dalam bagan organisasi.
  1. Fungsi Pengnarahan (Directing)
Memberikan dorongan untuk menciptakan kemauan kerja yang dilaksanakan secara efektif dan efisien.
  1. Fungsi Pengendalian (Controling)
Pengendalian adalah kegiatan mengendalikan semua karyawan, agar mentaati peraturan-peraturan perusahaan dan berkerja sesuai dengan rencana. Apabila terdapat penyimpangan atau kesalahan, diadakan tindakan perbaikan dan penyempurnaan rencana. Pengendalian karyawan meliputi kehadiran, kedisiplinan, prilaku, kerja sama, pelaksanaan pekerjaan, dan menjaga situasi lingkungan pekerjaan.
2.      Tugas dan Fungsi Operasional MSDM
Fungsi operasional dalam Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan basic (dasar) pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Fungsi operasional tersebut terbagi 5 (lima), secara singkat sebagai berikut:
Fungsi Pengadaan
Adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan.(the right man in the right place).
Fungsi Pengembangan
Adalah proses peningkatan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan  melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
Fungsi Kompensasi
Adalah  pemberian  balas  jasa  langsung  dan  tidak  lansung erbentuk  uang  atau arang  kepada  karyawan  sebagai  imbal  jasa     (output)  yang  diberikannya  kepada Perusahaan.  Prinsip  kompensasi  adalah  adil  dan  layak  sesuai  prestasi  dan  tanggung jawab karyawan tersebut.
Fungsi Pengintegrasian
Adalah  kegiatan untuk  mempersatukan  kepentingan perusahaan  dan  kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.Dimana pengintegrasian adalah hal yang penting dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan.
Fungsi Pemeliharaan
Adalah  kegiatan  untuk  memelihara  atau  meningkatkan  kondisi  fisik,  mental  dan  loyalitas  karyawan  agar  tercipta  hubungan  jangka  panjang.  Pemeliharaan  yang baik dilakukan dengan program K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ).
Pemeliharaan ( Maintenance )
Pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan loyalitas pegawai, agar mereka tetap mau bekerja sama sampai pensiun. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program kesejahteraan yang berdasrkan kebutuhan sebagian besar karyawan serta berpedeoman kepada internal dan eksternal.
Kedisiplinan ( Discipline )
Kedisiplinan merupakan fungsi MSDM yang terpenting dan kunci terwujudnya tujuan karena tanpa disiplin yang baik sulit terwujudnya tujuan perusahaan. Kedisiplinan adalah keinginan dan kesadaran untuk mentaati peraturan perusahaan dan norma-norma sosial.
Pemberhentian ( Separation )
Pemberhentian adalah putusnya hubungan kerja seseorang dari suatu perusahaan. Pemberhentian disebabkan oleh keinginan pegawai, keinginan perusahaan, kontrak kerja berakhir, pensiun dan sebab-sebab lainnya.
Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut diarahkan pada pemaksimalan dan pemanfaatan pegawai dalam merealisasikan pencapaian tujuan dengan memperhatikan keinginan dari pegawai.

0 komentar:

Terpopuler